VIDEO E-LEARNING
Download : Materi & Latihan
Untuk menggunakan uji Kai Kuadrat dan Fisher Exact, variabel dependen dan independen haruslah dalam bentuk kategori. Diagram alur uji hipotesis variabel kategorikal dalam bentuk tabel silang B kali K untuk kelompok tidak berpasangan.
Langkah-langkah untuk menentukan uji
apakah yang mungkin digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah sebagai
berikut:
Langkah
|
Jawaban
|
|
Menentukan variabel yang diuji
|
Variabel yang diuji adalah Penggunaan jamban sehat (variabel dependen) dan tingkat pendidikan
(variabel independen)
|
|
2
|
Menentukan skala pengukuran variabel
|
Variabel penggunaan jamban
sehat merupakan variabel
kategorikal (nominal)
Variabel tingkat pendidikan merupakan variabel kategorikal (ordinal)
|
3
|
Menentukan jenis hipotesis
|
Jenis hipotesis Asosiatif
|
4
|
Menentukan jumlah kelompok
|
Jumlah kelompok yang diuji adalah 3 (kelompok Ibu Tamat SD, Tamat SMP dan Tamat SMA)
|
5
|
Menentukan berpasangan atau tidak berpasangan
|
Pada kasus di atas, kedua kelompok tidak
berpasangan
|
6
|
Menentukan Jenis Tabel
|
Jenis tabelnya adalah 2 X 3
|
Kesimpulan:
Uji yang digunakan adalah chi-square.
Bila tidak memenuhi syarat uji chi-square, maka digunakan uji
alternatifnya yaitu KOLMOGOROV-SMIRNOV
|
Langkah-langkah dalam uji kai kuadrat,
antara lain.
- Klik analyze-descriptive-crosstabs
![]() |
Gambar 51.
Proses analisa kai kuadrat
|
2. Masukan variabel independen (pendidikan ibu) ke dalam kolom ‘ROWS’ dan variabel dependen (menggunakan jamban) ke ‘COLUMN’
3. klik
Statistics, klik Chi square,
klik continue (untuk tabel 2x2, risk rasio/odds rasio bisa dihasilkan
dengan menklik risk)
4. klik ‘Cells’,
lalu klik ’Observed’ dan ‘Rows’ dan klik continue
![]() |
Gambar 51.
Tampilan kolom Cells pada
‘Crosstabs’
|
5. Lalu klik
OK
SPSS Output
Menggunakan Jamban Sehat
|
Total
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
|||||
Pendidikan
Ibu Terakhir
|
Tamat
SD
|
Count
|
27
|
36
|
63
|
|
Expected
count
|
32.8
|
30.2
|
63
|
|||
%
within Pendidikan Ibu Terakhir
|
42.9%
|
57.1%
|
100.0%
|
|||
Tamat
SMP
|
Count
|
7
|
8
|
15
|
||
Expected
count
|
7.8
|
7.2
|
15
|
|||
%
within Pendidikan Ibu Terakhir
|
46.7%
|
53.3%
|
100.0%
|
|||
Tamat
SMA
|
Count
|
18
|
4
|
22
|
||
Expected
count
|
11.4
|
10.2
|
22
|
|||
%
within Pendidikan Ibu Terakhir
|
81.8%
|
18.2%
|
100.0%
|
|||
Total
|
Count
|
52
|
48
|
100
|
||
Expected
count
|
52
|
48
|
100
|
|||
%
within Pendidikan Ibu Terakhir
|
52.0%
|
48.0%
|
100.0%
|
Value
|
df
|
Asymp. Sig. (2-sided)
|
|
Pearson Chi-Square
|
10.118
|
2
|
.006
|
Likelihood Ratio
|
10.833
|
2
|
.004
|
Linear-by-Linear Association
|
8.829
|
1
|
.003
|
N of Valid Cases
|
100
|
a. 0 cells (.0%) have expected
count less than 5.
The minimum expected count is 7.20.
Interpretasi Hasil:
1.
Tabel pertama menggambarkan
deskripsi masing-masing sel untuk nilai observed
dan expected
2.
Tabel 2 X 3 ini layak untuk diuji
dengan chi square karena tidak ada
sel yang observednya bernilai 0, dan tidak ada nilai expectednya yang kurang dari lima .
3. Tabel kedua menunjukkan hasil chi
square. Nilai yang dipakai adalah pada nilai Pearson chi square. Nilai signifikancy-nya adalah 0.006,
artinya terdapat hubungan antara tingkat pendidikan ibu
dan penggunaan jamban sehat atau adanya bukti yang kuat untuk menolak hipotesa
nol ‘tidak adanya hubungan antara tingkat pendidkan ibu dengan perilaku
penggunaan jamban sehat'.
Penulisan
pada laporan penelitian
Dari tabel 16 memperlihatkan hubungan
tingkat pendidikan ibu dengan perilaku ibu dalam menggunakan jamban sehat. Dari
tabel silang dapat diketahui ibu dengan pendidikan SMA lebih cenderung
menggunakan jamban sehat dibandingkan ibu dengan pendidika SMP dan SD. Proporsi
perilaku ibu dalam menggunakan jamban sehat dari pendidikan SD, SMP, dan SMA
adalah 42.9 %, 46.7 % dan 81.8 %. Hasil
uji kai kuadrat diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat
pendidikan dengan perilaku ibu dalam menggunakan jamban sehat (p= 0.006) atau
ada evidence/bukti yang kuat untuk menolak hipotesa nul dari penelitian (tidak
ada hubungan antara tingkat pendidikan dan perilaku ibu dalam menggunakan
jamban sehat).
Tabel 16.
Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu dengan Perilaku Ibu dalam Menggunakan Jamban
Sehat
Tingkat pendidikan ibu
|
Menggunakan jamban sehat
|
Total
|
p value
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
27
|
36
|
63
|
0.006
|
|
%
|
42.9%
|
57.1%
|
100.0%
|
|
Tamat SMP
|
7
|
8
|
15
|
|
%
|
46.7%
|
53.3%
|
100.0%
|
|
Tamat SMA
|
18
|
4
|
22
|
|
%
|
81.8%
|
18.2%
|
100.0%
|
|
Total
|
52
|
48
|
100
|
|
%
|
52.0%
|
48.0%
|
100.0%
|
Sumber : Data Primer Penelitian (11)
52 komentar:
like this bu :) (y)
10111001026
keren buk :)
muhammad rizki
10111001014
menambah bnyak informasi ttg MAD jadi g perlu nyari2 di buku lg
makasih ya bu :)
bu mau nanya, uji normalitas itu dilakukan terus setiap kali melakukan suatu uji ya bu?
putri intan eriska (10111001040)
mantap bu..
lengkap..
afry yanti sirait (10111001048)
ibu, makasih buat post nya.,
cak nyo aku harus banyak belajar MAD lg buk.
mohon bantuannyo bu :)
.Pita"09
makasih banyak ya bu, blognya benerbener membantu proses belajar.
penjelasannya lengkap, jelas, dan mudah dimengerti :)
bu, video nya keren, suara nya merdu banget hehe
Atidira Dwi Hanani (10111001039)
blog nya membantu banget bu, jadi lebih tertarik dengan mad hehe makasih banyak y bu fasilitas bljr nya kereeeen :D
Rakhmi Putri Nanda (10111001044)
Ibu blognya membantu banget untuk belajar mandiri. Jadi bisa mengulang belajar di rumah kalau di kelas kurang jelas. Videonya juga mempermudah untuk pahamin materinya bu, jd serasa belajar di kelas apalagi ada suara ibu nya hehehe. Ditunggu ya bu video-video selanjutnya :D
Debby Yulia Sari (10111001056)
WULANDARI ( 10111001035 )
makasih atas infonya bu :) dari bahan kuliah, blog, youtube semua mempermudah mahasiswa untuk belajar :) bila perlu ada grup fb sama kultweet bu, biar lebih mempermudah lagi belajarnya hehe ;)
Lebih semangat belajar MAD ^^
Terima kasih ibu...
Maretalinia 10111001010
Sri Yuli Rahayu 10111001022
keren bu, belejar MAD bisa kapan dan dimana saja,
satu langkah baru lagi untuk meningkatkan kualitas FKM semoga seluruh dosen membuat hal yang sama...amin n
Desi Ratnasari FKM 2011 (10111001003)
wahhh keren badai ni blog.. coba adanya sebelum ujiaaan... akan sangat membantu. tp tetep aja bu TOP BGT 10 jempol buat tim madat FKM
suara bu naj*m merdu syekalee hhee
mengenai Chi square ane uda pahiiim.. di tunggu materi selanjutnya ya bu. tengkyuu
AYU NOVITRIE 10111001054
blognya sangat membantu untuk bljr bu jadi memudahkan kami mahasiswa untuk memahami pelajaran dengan di dukung video yg ada diyoutube juga.
maakasi ya buu
Thanks God udah menciptakan dosen keren kayak bu najm hehe...
blog nya bagus banget bu, lengkap penjelasan + gambar persis kayak di buku, jadi kayak buku berjalan, bisa dibaca dimana aja hehe.. video nya juga keren bu suara ibu yang merdu bikin saya jadi lebih mudah paham ^^
Indah Dwi Wahyuni (10111001053)
BRIYAN PRAMUDITYO [10111001043)
Membantu bgt bu blognya.. mudah dipahami
keep awesome bu najmah :)
Makasi banyak Bu', Blognya sangat-sangat membantu untuk belajar di rumah. Penjelasannya lengkap dan Mudah dipahami :)
Videonya juga Mantap bu'..
Titin Elia Ningsi Harahap ( 10111001023 )
APRIDA ANANDA SIREGAR (10111001001)
Makasih banyak bu. Blog nya sangat membantu proses belajar.
Videonya juga mudah untuk memahami materinya bu
MAHARANI (10111001009)
Materinya lengkap buu, kayaknya lebih enak baca blog ini daripada baca buku :D hehe
Videonya juga bagus bu, lebih santai jadi belajarnya sambil liat video :)
Makasih ya bu :)
Fitriana Mayatama (10111001007)
Blog nya sangat bermanfaat buk
materinya singkat, padat, jelas dan dilengkapi dengan contoh sehingga lebih mudah dipahami. Ditambah lagi dengan video E-learning yang membuat belajar MAD lebih menyenangkan
terimakasih ya buk
Sukses selalu
:)
Nosi Melasari (10111001016)
assalamualaikum..
materinya menarik buk.. juga ada gambar dan video yang bisa membantu kita makin paham sama materinya.. tolong tambahin contoh soal yang lain ya buk.. terima kasih..
Nyayu Nur Qomaria (10111001017)
Assalamu'alaikum
Buk najmah, blognya bagus. isi blognya juga menarik apalagi disertai gambar dan video. Jadi, gak bosen belajar MAD yang mayoritas materinya berupa angka.
Semoga dengan adanya blog ini, bisa menginspirasi munculnya blog-blog mata kuliah kesmas lain sehingga mempermudah mahasiswa kesmas untuk memperdalam ilmu kesmasnya :D
Terima Kasih Bu..
Salam Sehat :D
Fira Agnestasya (10111001006)
Terima kasih bu utk web dan videony, easy to learn ! ��
sklian saya jg mnta tips gmna bu cara yg pling cpet buat nentuin kita hrus pakek chi-square atau pnggabungan, selaen dari ciri2 jmlah tabel. Trims~
Meura Stifilla Yolanda (10111001013)
Blognya sangat bagus dan lengkap bu..
Terstruktur, sehingga mudah dipahami pada saat pembelajarannya.
Terima kasih bu. :)
Feby Happy Monica (10111001052)
nice n complete post. :)
sngat membantu dalam pembelajaran.
apalagi ditambah video yg smkin mempermudah pemahaman.:)
Thanks y buk :)
Assalamu’alaikum ibu...
Trimakasih ibu sudah buat blog ini,blog nya bagus bgt bu,materinya terstruktur,lengkap apalagi disertakan dengan cara menginterpretasikan data. video nya membantu sekali mahasiswa dalam memahami tentang materi MAD yang lebih mudah untuk dimengerti..suara ibu merdu bgt hehehe :) :)
Irna Anggraini 10111001037
Blognya keren bu, materinya lengkap ditambah gambar dan video pula makin kece aja. Bermanfaat banget buat belajar sendiri dirumah.
Thanks yaaa bu...
Semoga dosen fkm lain segera menyusul membuat blog seperti ini. Amiin :')f
Niken Tri Gusti (10111001015)
Makasih bu buat fasilitas barunya,,jadi tidak perlu repot bawa buku kemana2 kalau mau belajar...kalau tiap makul seperti ini, yakin deh toko buku gulung tikar hahaha soalnya disini sudah lengkap.. makasih banyak bu :)
Suka makulnya suka blognya suka youtubenya suka ibunya XD
Bunga Ewita (10111001029)
Gini enaknya punya dosen yg up to date n ngerti teknologi . Kuliah jadi simple.
moga fkm jadi kampus yg lebih maju
Makasih bu :D
assalamualaikum...
buat bu' najmah terimaksih bu' selalu ingin memberikan yang terbaik dan bermanfaat untuk semua orang khususnya mahasiswa fkm dan fkm :)
sekalian mau nanya bu, uji kai squre untuk tabel 2x2 pvalueny menggunkan continity corection dan tabel 2xk menggunkan pearson chi-squre ini ketentuan yg tidak bisa diubah ya bu' ? denagn syarat nilai expectedny maks 20%
terimakasih bu' :)
verra anggani (10111001024)
Keren. Harusnya semua dosen canggih begini. Hehe
Thanks bu. Sangat bermanfaat. :)
Fithroh Amaliyah Putri
10111001028
blognya CETAR bgt bu, ini yang namanya bener2 memanfaatkan perkembangan teknologi. dgn adanya metode pembelajaran yg kyk gni, mudahan2 bs meningkatkan pemahaman dan minat mahasiswa. terimakasih banyak bu :)
Lailatul Rahmah (10111001008)
bloknya bermanfaat sekali bu, jadi bsa blajar mandiri
trimakasih ibu :)
ANDI NOVITASARI (10111001027)
DEDE SUHARTATI 10111001002
Langkah banget dosen kayak ibu najmah, cerdas dan gak gaptek, memanfaatkan teknologi yang ada.. blog ini bikin saya jadi ga akan bias informasi bu, kalo catatan ilang tinggal buka blog ini hehe
Makasih ya bu, materi dan videonya kompliiit ^^
nice blog and complete buk ^___^
langkah-langkahnya mudah dipahami dan diikuti ditambah lg tutorial video yg jd pelengkapnya... sangat bermanfaat :)
Tri Ardiana (10111001049)
Alhamdulillah nambah lagi refrensi pembelajaran dari ibu dosen tercinta(read: bu Najmah) setelah di dunia nyata dengan buku.nya sekarang udah merambah dunia maya juga..
Pokoknya mantep banget deh.
Makasih banyak bu, postingan tulisan maupun video tutorialnya sangat,sangat,sangat membantu :)
by: Sri Lestari (10111001021)
terimakasih transfer ilmunya bu :)
blog plus videonya bener2 interaktif
smg bisa lbh ngerti dgn analisis data
terutama untuk skripsi nanti aamiin :D
Siti Kurniatun (10111001033)
Blog yang benar-benar berbagi wawasan & bervariasi. Terimakasih bu, benar-benar membantu blog ini nantinya. :)
Asi Nauli Sitorus (10111001032)
blognya super sekali bu :)
mempermudah proses belajar
makasih ibuu :)
semoga jadi inspirasi buat dosen2 yg lain yg mentransfer ilmunya ke semua penjuru yg membutuhkan :D
Riski Amelia (10111001046)
Neni Yunita (10111001030)
terimakasih bu atas transsfer pengetahuan yang menarik, semoga bermanfaat dan menjadi inspirator bagi yang lainnya,,
:)
Lathifa Umami ( 10111001057 )
ibu blognya bagus banget, isinya jga menarik dan mempermudah proses belajar semoga bermanfaat dan selalu menjadi penyemangat tuk kami agar trus belajar,,,
:)
great blog bu :)
bermanfaat dan mudah dimengerti..
mksih bu atas kontribusinya dalam membantu mahasiswa khususnya fkm unsri dalam belajar dan menjadi lebih baik lagi..
sangat menginspirasi..
videonya jg sngat membantu bu..
mempermudah memahaminya dan suaranya keren bu ^^
ria puspita sari ( 10111001019 )
Assalamu'alaikum...
blog nya bagus Bu, sesuai dengan panduan buku,
jadiny ketika tak sempat baca bukuny, bisa baca dsini...
madfkmunsri.blogspot.com
paduan antara tulisan dan gambarny, sesuai,
dan mudah dmengerti Bu...
Herman Brawijaya
(10111001047)
Assalamualaikum
ibu najmah...
blognya bagus sekali bu...
sangat bermanfaat dan membantu saya dan lainnya dalam belajar MAD, selain penjelasan ada videonya juga, yang lebih membantu dalam memahami... Komplit :)
Terimakasih bu atas ilmunya, dan semoga menginspirasi..:)
Ibu memang TOP BGT
Imroatin Wakhidah-10111001060
Mutia Rahmi - (10111001041)
pas pertama kali tau MAD ada blog dan video e-learning - nya, langsung kepikiran, keren nih mata kuliah. gimana ga keren, kalo materi kuliah udah ada di blog kaya gini, mahasiswa ga lagi terpaku pada buku. belajarnya flexibel kapan aja dimana aja, mau pas lagi bawa buku ato ga bawa buku. selain itu juga metode seperti ini mendorong mahasiswa untuk melek IT. pas negliat postingan nya asli melek bener dah, pas baca buku cuma ketemu warna item sama putih, pas di blog ketemu banyak warna. cari belajarnya juga lebih semangat.
terakhir,sukses buat bu najem, makasih ya bu udah menerapkan metode pengajaran yang beda dari dosen - dosen lain. moga2 banyak dosen yang ngikutin metode pembelajaran kaya gini. yang bisa bikin FKM Unsri makin terlihat dan makin berkualitas tentunya, aamiin
Mutia Rahmi - (10111001041)
pas pertama kali tau MAD ada blog dan video e-learning - nya, langsung kepikiran, keren nih mata kuliah. gimana ga keren, kalo materi kuliah udah ada di blog kaya gini, mahasiswa ga lagi terpaku pada buku. belajarnya flexibel kapan aja dimana aja, mau pas lagi bawa buku ato ga bawa buku. selain itu juga metode seperti ini mendorong mahasiswa untuk melek IT. pas negliat postingan nya asli melek bener dah, pas baca buku cuma ketemu warna item sama putih, pas di blog ketemu banyak warna. jadi belajarnya juga lebih semangat.
terakhir,sukses buat bu najem, makasih ya bu udah menerapkan metode pengajaran yang beda dari dosen - dosen lain. moga2 banyak dosen yang ngikutin metode pembelajaran kaya gini. yang bisa bikin FKM Unsri makin terlihat dan makin berkualitas tentunya, aamiin
Selly Francilia (10111001005)
wahhhh keren bu bantu banget blog ini bwt belajar MAD, lko lg gak mau baca bukunya bisa lyat blog langsung ada gambarnya plus video nya lg :) :)
bu mau tanya tanpa disadari kita sering kali melakukan kesalahan dalam memasukkan data. Hal ini pasti akan berdampak pada hasil data yang akan di peroleh. apakah ada cara atau program untuk mengetahui jika terdapat kesalahan dalam memasukkan data dan terdapat keanehan pada data kita tersebut? bagaimana langkah-langkahnya dan cara pembetulannya serta apa tindakan kita terhadap data yang aneh tersebut?
maksh bu, sukses selalu bwt bu najmah :D
Hamida Yanti (10111001061)
blog keren bukk,, sangat membantu kalo catatan ilang,, heheh :)
makasihh bu...
Terimakasih sudah mengakses materi Managemen dan analisa data secara online, mudah-mudahan bisa membantu mahasiswa FKM Unsri pada khususnya dan mahasiswa dari universitas lain dalam mempelajari MAD secara interaktif. Aplikasi web dan video interaktif MAD tidak akan terlaksana atas kerjasama dari banyak pihak,
1)Pusat pendidikan dan pengembangan Akademik (Pusbangdik Unsri), 2)Anggota tim e learning (Tri NoviaKumalasari, SKM, M.Kes) dan
3)tim IT kita (Harun Al Rasyid).
4) FKM Unsri
dan pihak lainnya yang tidak bisa saya sebut satu per satu
Mudah-mudahan anda menjadi mahasiswa hebat dan cerdas tanpa batas dan bertambah mandiri dalam mempelajari mata kuliah dan tidak hanya tergantung pada perkuliahan tatap muka di kelas saja
Najmah, SKM, MPH
Referensi buku
Free happy to cite
Najmah, 2011, Managemen dan analisa data kesehatan, kombinasi teori dan praktek, Nuha Medika: Yogyakarta
http://najmah-buku.blogspot.co.nz/2016/09/judul-buku-manajamen-analisa-data.html
Posting Komentar